Rabu, 01 Mei 2013

MATRYOSHKA – BONEKA KHAS RUSIA



MATRYOSHKA – BONEKA KHAS RUSIA
Matryoshka (bahasa Rusia: матрёшка), adalah boneka khas Rusia yang dapat diisi dengan bentuk boneka-boneka yang lebih kecil. Nama "matryoshka" diambil dari nama "Matryona", yang merupakan nama dari seorang wanita yang bertubuh gemuk.
Model-model boneka matryoshka dapat bervariasi sebagai contoh bentuk gadis petani dengan pakaian tradisional, karakter dongeng sampai para pemimpin Soviet.

Sejak abad ke 19 kurang lebih berkisar tahun 1890-an Matryoshka adalah souvenir nasional  negara Rusia yang sangat populer.Karena matryoshka adalah barang yang unik, warna cerah, ceria, meriah, mudah dibawa, serta menarik sehingga setiap pameran dan festival selalu diminati banyak pengunjung.
Pada zaman dahulu kala di negara asalnya Rusia, nama Matryoshka atau matryosha adalah nama wanita yang sangat populer di kalangan orang biasa.
Nama Matryoshka itu sendiri berasal dari kata "mater" yang bermakna "ibu" dalam bahasa latin. Nama ini dikaitkan dengan citra seorang ibu dari sebuah keluarga petani besar yang sangat sehat dan memiliki bentuk tubuh gemuk.

Dalam sejarah yang saya baca di salah satu web, menyebutkan pada akhir abad 19 di Rusia ada seorang pelukis bernama Sergey Malyutin membuat sebuah sketsa matryoshka dan meminta bantuan Vasiliy Zvyozdotchkin, seorang pengrajin kayu untuk membuat matryoshka ini. Malyutin kemudian mengecat boneka tersebut menjadi sosok gadis manis yang menggunakan pakaian tradisional Rusia lengkap dengan kerudungnya dan pernak pernik khas lainnya
Kerajinan boneka matryoshka ini menjadi sangat populer setelah mengikuti Pameran Dunia di Paris tahun1900. Kemudian matryoshka tersebut di produksi secara besar-besaran di sebuah wilayah di pinggiran kota Moskwo yaitu  Sergiyev Posad. Hingga saat kini daerah tersebut menjadi pusat pengrajin matryoshka di Rusia.
Bahan matryoshka untuk mendapatkan kualitas terbaik biasanya terbuat dengan bahan dasar kayu dari pohon birch atau Linden. Uniknya, meski teknologi sudah canggih dan mutahir, akan tetapi sampai saat ini pun matryoshka masih dibuat dengan tangan.

Seperti halnya seorang ibu, Matryoshka adalah lambang cinta, kasih sayang, kepedulian dan perdamaian, Akan tetapi seiring berjalannya waktu matryoshka menjadi symbol persahabatan dan perhatian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar