Rabu, 07 Maret 2012

Softskill

Untuk mengarungi hidup atau bekerja diperlukan 2 skill atau keterampilan, yaitu softskill dan hardskill.dimana kedua hal tersebut harus berimbang atau harus dimiliki oleh semua orang untuk bertahan di dunia kerja. Disini kita akan mebicarakan tentang softskill terlebih dahulu.
Softskill atau dalam artinya adalah kemampuan halus merupakan suatu keterampilan yang tidak tergantung oleh ilmu alam. Soft skil atau bisa disebut keterampilan manusia dalam hal non teknis, dimana keterampilan ini didapatkan bukan melalui belajar dari suatu mata pelajaran seperti IPA , IPS, matematika dan lain-lain. Melainkan didapatkan dari pengalaman berinteraksi dengan orang atau bisa dibilang pengalaman yang kita lalui.
Sebagai perbandingan kita bisa mengambil contoh orang yang tertutup dengan orang yang terbuka. Apabila kedua orang tersebut diajak untuk mempresentasikan sesuatu akan terlihat perbedaan dalam gaya bersuara, intonasi dan mimic dalam mempresentasikan. Kebanyakkan orang pendiam lebih sering mempresentasikan atau berbicara yang bisa membuat orang bosan berbeda dengan orang terbuka yang sering berbicara dengan banyak orang.  Oleh karena itu didapatkan suatu kesimpulan dimana orang pendiam kebanyakkan tidak / sedikit mempunyai kemampuan softskill dan ini berbeda dengan orang terbuka yang mempunya softskill. Sehingga orang pendiam sanat sulit diajak untuk bekerja sama. Dan ini menyebabkan jarangnya dia diterima dalam bekerja.
Softskill sendiri didapat bukan dengan membaca suatu buku, melainkan berinteraksi dengan sesame manusia, melakukan sesuatu selain belajar dari buku . jadi dapat disimpulkan bahwa softskill didapatkan dari pengalaman seseorang dalam berinteraksi dan beraktifitas dengan orang yang ada disekitarnya. Oleh sebab itu kemampuan softskill seseorang akan bertambah dengan semakin tua seseorang tersebut.
Jadi dapat disimpulkan kemampuan softskill sangat diperlukan untuk kita agar dapat bekerja di bidang yang kita inginkan dan mari kita terbuka untuk mendapatkan atau meningkatkan kemampuan softskill kita.

Sumber :http://sriyuliani.staff.fisip.uns.ac.id/kuliah/apa-itu-soft-skills/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar