Rabu, 07 Maret 2012

Hardskill

                Seperti yang terdapat pada tulisan Softskill yang menyebutkan pentingnya keseimbangan dalam 2 kemampuan yaitu softskill dan hardskill. Maka disini akan saya tuliskan betapa pentingnya suatu hardskill.
                Hardskill merupakan suatu keterampilan atau kemampuan teknis dimana bisa didapatkan dari buku. Dimana buku tersebut terdapat ilmu penetahuan. Jadi hardskill merupakan kemampuan seseorang menerapkan ilmu pengetahuan yang dimiliki.
                Hardskill sendiri berbeda dengan softskill dimana semakin kita bertambah umur makan semakin menambah pula kemampuan kita. Pada hardskill kemampuan hardskill akan berkurang semakin bertambah usia kita. Ini diakibatkan dari penurunan kinerja otak. Kenapa hardskill sangat dibutuhkan dalam dunia kerja maupun kehidupan ? Seperti  yang saya sampaikan diparagraf awal dimana kedua kemampuan tersebut harus seimbang. Dapat kita ambilkan suatu contoh.
                Sebut saja namanya  A, ini mempunyai kemapuan hardskill yang sangat tinggi, akan tetapi dia mempunyai kemapuan softskill yang sangat rendah. Berbeda dengan B yang kemampuan softskill dan hardskillnya seimbang  atau setidaknya tidak berbeda jauh. Dan C yang kebalikkan dari A, C mempunyai kemampuan softskill yang tinggi. Apabila mereka bertiga masuk dalam dunia kerja maka si yang paling sukses adalah B. Kenapa bisa begitu ? A tanpa bisa berinteraksi akibat kemapuan softskill yang kurang dia hanya akan mempunyai karier yang stagnan atau selalu tetap. Sedangkan pada C dia akan lebih berbahaya karena bisa saja karier dia berhenti akibat tidak ada kemampuan hardskill. Dimana dia tidak bisa menyelesaikan pekerjaan akibat kemampuan hardskill yang rendah. Berbeda dengan B yang dapat mengatasi pekerjaan dia dan bisa besosialisasi dengan sekitarnya maka karier yang dia miliki bisa lebih tinggi daripada yang lain.
                Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua kemampuan tersebut harus kita miliki agar bisa bertahan di dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari. Jadi mari mengasah kemampuan hardskill dan softskill kita !

Sumber : http://hafismuaddab.wordpress.com/2010/02/13/pengertian-soft-skill-dan-hard-skill/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar