Selasa, 05 Juni 2012

Laporan Buku


Judul Buku          : The Secret Seven Sapta Siaga Misteri Biola Kuno
Penulis                 : Enid Blyton
Penerbit              : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit      : 2000

Pendahuluan
                Buku “The Secret Seven Sapta Siaga Misteri Biola Kuno” merupakan serial dari buku Secret Seven hasil karya Enid Blyton. Buku in pertama kali dirilis pada tahun 1958. Enid Blyton merupakan seorang wanita dari negara Inggris yang menghasilkan 600 buku untuk anak-anak.
                Mengapa buku ini diambil menjadi laporan ? Dalam buku ini tersimpan suatu sifat yang harus dijadikan panutan oleh semua orang. Sifat tersebut adalah tentang kepercayaan, tenggang rasa, kebersamaan dan keberanian semua ada di dalam buku ini.

Isi Buku / Ringkasan
                Terdapat sekitar 20 bab atau chapter yang ada dibuku ini. Diawali dengan pergi grup detective sapta siaga, yang terdiri dari Peter, Janet, Pam, Barbara, Jack, Colin, dan George, ke pasar malam dekat dengan kota mereka.
                Sesampainya mereka disana mereka pun bersenang-senang. Setelah merka puas, mereka pun pulang dan tanpa sengaja mereka melihat suatu pondok di bukit dekat pasar malam terbakar. Merasa kasiha dengan keluarga yang bertempat tinggal di pondok itu mereka pun kerja bakti membersihkan caravan untuk keluarga tersebut. Saat mereka selesai membersihkan caravan, mereka mendapat kabar mengejutkan dari Matt yang menyatakan bahwa baju orang-orangan sawah yang dia pasang sudah tidak ada dan dia meminta Sapta Siaga untuk menyelidikinya. Dan pada malamnya suatu kejadian yang lebih mengejutkan pun terjadi dimana pencurian di toko biola dengan ciri-ciri pencuri tersebut memakai baju orang-orangan sawah yang dilaporkan hilang oleh Matt.
                Setelah ditelusuri dan dengan bantuan Skippy, anjing setia yang dipunyai oleh sapta siaga, mereka pun menemukan pelaku sebenarnya yang tidak diduga-duga. Pada akhir buku ini diperlihatkan suatu kebaikkan yang sudah jarang ada di kehidupan ini.

Komentar Penulis
                Akhir cerita dari buku ini ternyata sangat menakjubkan dan tidak dapat ditebak oleh penulis sendiri. Selain itu buku ini mengajarkan kita bagaimana suatu nilai-nilai kebaikkan di tunjukkan dan dipraktekkan.

Kesimpulan
                Buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh anak-anak karena buku ini mengajarkan nilai-nilai kebaikkan, bagaimana cara bekerja sama, saling menolong serta kedisplinan dari para detektive di sapta siaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar