Selasa, 05 Juni 2012

FENOMENA TOMCAT


            Siapa yang tidak kenal tomcat yang beberapa bulan lalu mejadi suatu gejala yang sangat ditakuti di jawa timur. Banyak masyarakat di jawa timur khusunya surabaya resah atas kehadiran serangga ini. Banyak media meangkat tomcat ke berita dan menyebarkan isu bahwa sudah ada yang meninggal akibat gigitan tomcat. Ditambah dengan isu bahwa kejadian ini diakibatkan oleh pegundulan hutan di suatu tempat di surabaya.

            Tapi semua isu itu semua tidak benar. Ini dikarenkan bahwa serangan tomcat yang fenomenal ini terjadi akibat dari masa fase pertumbuhan serangga tersebut sehingga isu penggudulan hutan yang mengakibatkan serangan tomcat itu gugur. Sedangkan racun tomcat yang dapat membunuh orang ternyata tidak benar karena racun tersebut hanya mengakibatkan penyakit di kulit yang 2 minggu dapat sembuh. Racun tersebut sudah diteliti oleh LIPI ( Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ) yang 100% menyatakan racun tomcat tidak dapat mengakibatkan orang meninggal.

            Walau tomcat tidak terlalu bahaya, kita harus tetap waspada agar terhindar dari gigitan melalui penutupan semua jendela sebelum menghidupkan lampu.

Sumber : http://sains.kompas.com/read/2012/03/20/06321127/Tomcat.Beracun.Tapi.Tak.Mematikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar