Selasa, 04 Januari 2011

Penyalahgunaan Data

Penyalahgunaan data adalah suatu kegiatan atau tindakan seseorang ataupun sekelompok orang, yang dengan sengaja mengubah atau memanipulasi data yang ada sehingga data tersebut berubah untuk tujuan tertentu. Dampak penyalahgunaan data mengakibatkan kerugian bagi pihak lain.

Kasus yang sering terjadi adalah dimana data tentang password dan id pada suatu jejaring sosial seperti facebook, twiiter. dimana akun yang terdapat di dalam jejaring tersebut di ubah menjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Seperti merubah profil picture menjadi gambar binatang atau menulis kata-kata yang tidak pantas diucapkan dan yang paling parah adalah menggunakannya untuk tindak kejahatan seperti penipuan dan lain-lain.

Selain itu penyalahgunaan data bisa menyebabkan kita menjadi rugi. yang paling marak pada tahun lalu adalah pembobolan atm. Dimana seseorang mengetahui kode pin atm tersebut dan mulai menguras isi dari atm yang ada.

Oleh karena itu dibuatlah sebuah sistem keamanan, walaupun begitu sistem keamanan tersebut belum tentu atau tidak menjamin 100% data pribadi yang kita punya aman. Maka kita harus selalu waspada setiap kita memakai data pribadi kita di tempat umum 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar